Resiko Usaha Laundry

Resiko Usaha Laundry

Hampir setiap jenis usaha memiliki risiko, termasuk resiko usaha laundry. Berbagai resiko ini harus segera teratasi bahkan sebelum membuka bisnis ini haruslah menyiapkan strategi sebagai solusi menghadapi hambatan untuk mengembangkan bisnis laundry. Apalagi, jika kamu berniat buka usaha laundry di perkotaan.

Banyaknya pesaing dan persaingan dari sisi strategi marketing yang ketat adalah contoh resiko usaha laundry. Namun, bisnis ini akan sangat menjanjikan jika mampu membaca pasar dengan baik. Selain itu, menyediakan layanan dan fasilitas yang inovatif dibandingkan kompetitor juga bisa menjadi solusi. Apalagi, saat memasuki musim hujan maka usaha laundry sangat dicari.

Untuk alasan ini, apalagi jika Anda membuka usaha di tempat strategis seperti di area yang padat penduduk, laundry kiloan sangat dibutuhkan. Umpanya buka usaha ini di sekitaran kampus, maka tempat laundry sangat membantu mahasiswa atau dosen yang ingin solusi cucian cepat kering kala musim hujan. 

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang apa saja risiko menjalankan bisnis mencuci pakaian per kilo tersebut, ada baiknya ketahui keuntungan bisnis laundry berikut ini.

Keuntungan Buka Usaha Laundry 

Setiap usaha yang dijalankan tujuannya adalah mendapatkan profit dan semaksimal mungkin bisa meminimalisir kerugian. Salah satunya ketika membuka usaha laundry pakaian. Hanya saja, di balik adanya resiko usaha laundry, ada sejumlah keuntungan buka usaha laundry berikut ini.

1. Tidak harus membuat toko atau menyewa ruko

Salah satu keuntungan menjalankan usaha yang satu ini adalah memulainya tidak harus dengan toko atau di ruko. Melaingkan Anda bisa memanfaatkan garasi rumah. Apalagi, jika rumah kamu berada di area yang strategis. Bisa saja tetangga dekat rumah akan menggunakan jasa laundry Anda.

2. Bukan musiman dan gampang dijalankan

Untuk alasan ini, kebutuhan akan mencuci pakaian, kemudian, melihat, hingga menyetrika adalah kebutuhan harian dan selalu dibutuhkan masyarakat. Makanya, usaha ini bukan musiman yang hanya dibutuhkan saat booming saja. Masyarakat saat ini membutuhkan segala hal yang praktis jadi mereka tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk mencuci di rumah.

Walaupun sebagian orang sudah punya mesin cuci, tetapi terkadang kesibukan dan cuaca tidak menentu membuat malas mencuci. Makanya keberadaan laundry sangat membantu mereka. Apalagi kelebihan laundry di tempat laundry adalah jasa melipat dan menyetrika dengan harga yang murah.

3. Tidak perlu keahlian khusus

Mencuci pakaian kemudian melipat dan menyetrikanya bisa dilakukan siapa saja sehingga tidak membutuhkan keahlian khusus. Bahkan dengan bantuan mesin cuci dan pengeringnya akan meringankan pekerjaan laundry ini. Untuk menggaji karyawan juga tidak perlu banyak, terkecuali Anda membuka perusahaan khusus dengan target pasar yang lebih besar. Sehingga tenaga kerja yang kamu butuhkan juga akan banyak.

4. Tidak Butuh Modal Besar

Kalau mau bisnis laundry dengan skala rumahan karena kemampuan modal yang masih kecil sebanarnya tidak masalah. Cukup sediakan pewangi dan deterjen, mesin cuci plus pengering, timbangan, dan setrika saja. Jangan lupa plastik packing. Ada baiknya beli di pusat kebutuhan laundry yang secara khusus menyediakan peralatan-peralatan laundry dalam bentuk paket.

Hal ini untuk menghindari pemborosan. Anda tidak perlu mencari satu persatu di toko yang berbeda. Cukup kunjungi pusat kebutuhan laundry seperti Supermarket Laundry yang menjual peralatan laundry paling lengkap. Harga yang Anda dapatkan juga bisa lebih terjangkau dan super hemat.

Resiko Usaha Lundry

Penjelasan sebelumnya menjadi referensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika bisnis laundry. Namun, jangan lupa untuk melihat adanya kelemahan atau resiko yang harus Anda hadapi ketika membuka usaha ini. Apalagi ketersediaan mesin cuci saat ini sangat mudah ditemukan karena harganya yang sangat murah. Belum lagi kompetitor yang memberikan harga murah. 

Untuk mengenali resiko jenis usaha penatu ini, berikut beberapa resiko usaha laundry.

1. Pakaian Pelanggan Rentan Rusak dan Tertukar

Salah satu resiko paling sering terjadi ketika menjalankan usaha ini adalah harus siap menerima komplain. Pakaian pelanggan akan lebih mudah rusak apabila tidak berhati-hati dalam memisahkan cucian. Makanya, selalu teliti dan memeriksa jenis bahan pakaian pelanggan. Dengan melihat, Anda bisa membedakan mana pakaian yang gampang rusak dan luntur.

Selain rusak dan luntur, pakaian pelanggan juga rentan tertukar apabila tidak teliti. Makanya siapkan keranjang untuk membedakan pakaian pelanggan. Kalau perlu beri penanda atau tanda nama pelanggan supaya lebih mudah mengenalinya. Selain itu, terkadang ada pelanggan yang mengajuka komplain karena kehilangan pakaian. Hal ini harus jadi perhatian.

2. Usaha yang sulit berkembang dan perputaran uang lambat

Usaha ini masuk dalam bidang jasa dan hanya fokus pada satu jenis jasa saja. Sehingga terbilang sulit untuk berkembang karena tidak adanya variasi produk yang bisa ditawarkan. Alhasil, modal akan lebih lambat berputar. Semua tergantung pada cara Anda menggaet konsumen sebanyak-banyaknya.

Namun, solusi yang bisa Anda lakukan adalah memberikan layanan tambahan  yang kira-kira menarik perhatian pelanggan. Misalnya, menyiapkan layanan antar jemput cucian, membuat promo di hari-hari tertentu, menyediakan layanan potongan ongkir dan free ongkos kirim, serta layanan ekspres. Hal ini bisa menjadi value perusaahan Anda di tengah ketatnya persaingan.

3. Mesin cuci makin mudah ditemukan dan murah

Kenapa mesin cuci yang murah bisa jadi penghambat bisnis laundry? Alasannya sebagian masyarakat yang mampu mungkin lebih memilih beli mesin cuci saja dibandingkan ke tempat laundry. Hanya saja, hal ini seharusnya bukan jadi penghalang. Apalagi jika Anda membuka usaha di tempat yang tepat dengan sasaran pasar yang tepat.

Cara Menghadapi Resiko Usaha Laundry

Dari penjelasan di atas juga sudah banyak memberikan solusi untuk menghadapi beragam resiko ketika merintis usaha laundry. Beberapa hal bisa Anda coba seperti menghadirkan layanan yang lengkap bukan hanya sekadar mencuci, tetapi alternatif lainnya yakni melipat dan menyetrika dengan pengerjaan ekspres serta harga terjangkau per kilonya.

Cara menghadapi resiko usaha laundry lainnya adalah memberikan pengalaman mengesankan dengan mencuci pakaian sebersih mungkin dan menggunakan pewangi terbaik. Program potongan ongkir dan diskon dari harga normal juga sangat disukai pelanggan. Tidak lupa selalu memperhatikan waktu pengerjaan sesuai pesanan pelanggan. Jangan sampai pelanggan merasa kecewa karena keterlambatan.

Melakukan perawatan rutin semua peralatan laundry juga sangat penting menghindari kerusakan yang bisa jadi penghambat. Tetapi kalau pesan alat-alat untuk buka usaha laundry Supermarket Laundry sebagai pusat kebutuhan laundry, jaminan produknya berkualitas. Mulai dari belanja mesin cuci, mesin untuk mengeringkan, beragam jenis setrika, sampai pada pewanginya ada di sini.

Anda juga bisa pilih paket-paket buka usaha laundry dengan pilihan harga yang menyesuaikan budgetmu. Ada paket mulai Rp17 jutaan, paket Rp37 jutaan, dan paket harga Rp77 juta. Pusat kebutuhan laundry yang paling lengkap terbesar di Makassar ini juga menyediakan gratis antar paket untuk Anda yang berada di kota Makassar dan sekitarnya. Segera cek layanannya dengan menghubungi nomor 0821 8863 3388.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *